PERABOT KANTOR

A. PENGERTIAN PERABOT KANTOR

Perabot kantor (office furniture) merupakan sarana prasarana yang yang menunjang kegiatan administrasi dalam suatu kantor seperti meja, kursi, lemari dan sebagainya. Perabot kantor merupakan sarana kantor yang tidak habis pakai dan dapat digunakan berulang-ulang dalam jangka waktu panjang. Biasanya terbuat dari bahan kayu, besi ataupun bahan lainnya yang tahan lama.

B. FAKTOR YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMBELI PERABOT KANTOR
Perabot kantor yang baik harus dapat memberi pengaruh positif terhadap kinerja pegawai, seperti dapat menghemat gerak pegawai, membantu pengawasan pegawai, serta dapat menambah kesehatan dan efisiensi para pegawainya. Untuk itu, ketika hendak membeli perabot kantor, ada faktpr -faktor yang harus diperhatikan. Faktor yang harus diperhatikan dalam membeli perabot kantor yakni :
1) Harus dapat menghemat ruang lantai
2) Tinggi meja terhadap kursinya haruslah sepadan
3) Tidak begitu berat, sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan
4) Harus terdapat ruangan yang cukup di bawah meja untuk bisa dibersihkan. Hal ini terkait denan masalah kesehatan.
5) Keawetan perabot dari logam yang biasanya lebih tinggi dari perabot dari kayu
6) Risiko kebakaran yang terjadi para perabot kayu relatif lebih besar daripada perabot yang terbuat dari logam.

C. MACAM-MACAM PERABOT KANTOR

1. MEJA KANTOR
Syarat-syarat meja tulis/meja kerja yang baik yaitu dari permukaan meja sampai lantai tidak seluruhnya tertutup agar peredaran udara dapat berlangsung secara lancar dan bagian kaki pegawai yang memakainya tidak terasa panas. Permukaan meja tidak mengkilat sehingga tidak menyilaukan mata pegawainya. Luas meja tidak terlalu luas. Luas sempitnya permukaan meja hendaknya disesuaikan dengan kedudukan dan jabatan orang yang mempergunakannya. Tapi yang penting harus diperhatikan ialah bahwa permukaan meja tidak boleh terlalu besar agar segala sudutnya dapat dijangkau dengan tangan oleh orang yang mempergunakannya.

Contoh beberapa jenis meja :
a) Meja Staf
Meja yang biasa digunakan oleh staf, terutama bagian administrasi atau tata usaha.
b) Meja Resepsionis (penerima tamu)
Meja yang digunakan untuk menerima tamu ataupun untuk dijadikan tempat memberi dan mengetahui informasi yang berhubungan dengan perusahaan.
c) Meja Rapat
Meja ini digunakan pada saat pertemuan rapat .
d) Meja Direksi
Meja yang dipakai pimpinan perusahaan dengan bentuk dan desain yang dapat mewakili gambaran seseorang yang mempunyai jabatan penting dalam perusahaan tersebut.
e) Meja Samping
Meja yang biasanya digunakan oleh seorang sekretaris pimpinan, biasa disebut meja return.

2. KURSI
Syarat kursi yang baik yaitu dapat diatur tinggi rendahnya, kokoh, bentuk sesuai bentuk badan orang yang diduduki menyerupai sadel, tepi depannya bulat, mempunyai penyangga belakang untuk menunjang tulang punggung karyawan.

Contoh beberapa jenis kursi:
a) Kursi Pimpinan
Kursi ini digunakan para pimpinan Karena memiliki roda dibawahnya sehingga mempermudah gerak kursi tersebut.
b) Kursi karyawan
Kursi ini dipakai untuk para karyawan.

3. LEMARI
Macam lemari yang sering digunakan di dalam kantor :
a) Lemari–lemari warkat
Dengan ukuran besarnya (volume) antara 0,5 m³ sampai 1 m³ adalah termasuk lemari golongan B. lebih besar dari itu termasuk golongan A. dan lebih kecil dari golongan B termasuk golongan C. lemari ini biasanya dipergunakan untuk menyimpan warkat (papers) yang belum diolah atau belum di-file.
b) Lemari rak
Yakni untuk menyimpan map dan bundel laporan ataupun dokumen lainnya yang sudah disusun ke dalam map besar (ordner). Juga untuk lemari rak ini ukuran dan golongannya sama dengan lemari warkat.
c) Lemari Brankas (cash-box)
Untuk menyimpan uang, cheque dan surat berharga lainnya.

4. FILING CABINET
Filing Cabinet biasanya mempunyai 4 kotak kecil dari bawah ke atas, gunanya untuk menyimpan map-map file atau kartu-kartu yang berukuran kurang lebih 25 x 35 cm.

5. LACI-LACI KARTU
Bentuknya adalah semacam lemari rak dengan laci-laci yang lebih kecil daripada laci-laci filing cabinet.

Untuk soal latihan dapat dibuka link berikut:
https://bit.ly/2QE1t00